WELCOME

SUGENG RAWUH DATENG BLOG KULO

Jumat, 26 Juni 2009

Chip Memori Lentur


Amerika Serikat: Chip memori elektronik tak lama lagi mungkin akan menjadi lentur layaknya karet. Hasil penelitian para insinyur National Institute of Standards and Technology (NIST), Amerika Serikat, sudah mulai menampakkan hasil.

Untuk mencari solusi para ilmuwan memanfaatkan lapisan polimer dan bereksperimen dengan menanam selaput film tipis dari bahan titanium dioksida. Hasilnya adalah memori lentur yang dapat beroperasi dalam tegangan kurang dari 10 volt.

Para peneliti cukup yakin alat ini dapat diproduksi dengan murah. "Karena komponen dari alat ini terbuat dari likuid, maka pada masa depan kita akan mampu menghasilkan alat ini sesederhana dengan harga semurah mungkin" ujar Nadine Gergel-Hackett, peneliti NIST.

Meski belum siap untuk dipasarkan, komponen yang bisa melentur tanpa patah ini begitu didambakan oleh para pembuat komponen karena sejumlah alasan. Salah satunya, chip yang lentur dapat digunakan sebagai sensor medis yang ditanam dibawah kulit untuk memantau beberapa organ vital seperti denyut jantung dan gula darah.(AND/Sciencedaily.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites